Scroll ke Atas
Berita Utama

Bawaslu Kabupaten Pemalang Adakan Rakor Penguatan Kelembagaan Panwaslu Kecamatan

44
×

Bawaslu Kabupaten Pemalang Adakan Rakor Penguatan Kelembagaan Panwaslu Kecamatan

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu ) Kecamatan se Kabupaten Pemalang terkait dengan upaya penguatan kelembagaan tersebut pada Selasa, (16 /03/2023 ) di salah satu hotel di Kabupaten Pemalang.
Rakor tersebut menghadirkan narasumber mantan Ketua Bawaslu RI Abhan mantan dan Dr. H. Achmad Irwan Hamzani Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal dengan diikuti oleh seluruh anggota panwaslu Kecamatan se – Kabupaten Pemalang.
Heru Setyawan Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang saat cr diwawancarai seusai rakor tersebut menyampaikan bahwa rapat koordinasi tersebut merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas dan kinerja pengawasan pelaksanaan Pemilu di wilayah Kabupaten Pemalang ,” Bawaslu Kabupaten Pemalang mengadakan rakor dengan Panwaslu Kecamatan terkait dengan penguatan kelembagaan dengan mengambil tema,” Arah Kebijakan Bawaslu Kabupaten Pemalang Yang Terkait Dengan Tugas – Tugasnya, ” dengan mengundang narasumber yang pertama Abhan SH., MH mantan Ketua Bawaslu RI periode Tahun 2017 – 2022 dan yang kedua Dr. H. Achmad Irwan Hamzani Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal ,” ungkapnya.
Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang juga mengatakan dalam rakor tersebut materi yang dibahas adalah penguatan internal kelembagaan anggota Panwaslu Kecamatan sehingga out put yang diharapkan adalah penguatan SDM berkaitan dengan tugas, kewajiban dan kewenangan dalam menjalankan pengawasan Pemilu tahun 2024 , ” Jadi semua anggota Panwaslu Kecamatan kita harapkan bisa memahami bagaimana mereka bisa bersikap, bertindak dalam pengawasan maupun dalam penanganan pelanggaran,” imbuhnya.
Hery juga menyampaikan, semenjak Panwaslu Kecamatan dilantik dan mulai bertugas belum ada kendala. Mereka mulai melakukan pengawasan sejak tahapan pemutahiran data pemilih, kemudian nanti pengawasan dalam pencalonan, pengawasan dalam kampanye sampai sekarang tidak ada kendala, namun apabila ditemukan suatu yang tidak sesuai dengan juknis, akan kita lakukan sesuai dengan prosedur untuk dilakukan perbaikan baik ke PPK maupun KPU.
” Harapan ke depan kepada kontestan agar dilakukan sesuai dengan tahapan – tahapan dan aturan karena peserta pemilu juga harus aktif ikut mengawasi, demikian juga kepada para pemilih ikut juga melakukan pengawasan dengan partisipasi ,” pungkas Hery Setyawan.
Hal senada juga oleh Dr. H. Achmad Irwan Hamzani salah satu Narasumber Rakor tersebut,” Rakor Bawaslu Kabupaten Pemalang dengan Panwaslu Kecamatan se – Kabupaten Pemalang adalah dalam rangka penguatan kelembagaan Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugasnya mereka sebagai pengawasan pengawal Pemilu di Tingkat Kecamatan oleh karena itu mereka tentu perlu dibekali dengan peningkatan kapasitas dengan penguatan kelembagaan di internal, jadi diharapkan dengan penguatan kelembagaan ini Panwaslu Kecamatan semakin menguasai materi perundang – undangan baik itu produk KPU maupun produk Bawaslu maupun perundang – undangan di luar KPU maupun Bawaslu yang tentu saja perundang – undangan yang terkait dengan Pemilu ,” Kata 
Dr. H. Achmad Irwan Hamzani .
Lebih lanjut disampaikan oleh Dekan UPS ini selesai mengikuti rakor diharapkan para anggota Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan on the track perundang – undangan ,” Materi yang kami sampaikan dua arah dan ada tanya jawab karena di internal Panwaslu ada dua kelembagaan yaitu Panwaslu Kecamatan dengan Kesekretariatan agar keduanya bisa berjalan harmoni karena mereka mempunyai tugas masing-masing, Panwaslu di pengawasannya, dan Sekretariat di urusan administrasinya jangan sampai Panwaslu mengurusi administrasi nanti pengawasannya bisa terbengkalai walaupun kadang – kadang hal tersebut bisa terjadi dan ini bisa menimbulkan konflik disharmoni ,” Dr. H. Achmad Irwan Hamzani yang juga pernah pernah juga sebagai Bawaslu. ( Joko Longkeyang )

Baca Juga :  Cegah Paham Radikalisme, Bhabinkmatmas Losari Adakan Giat Blusukan Ke Tokoh Masyarakat