Scroll ke Atas
Berita Utama

Puluhan Warga Desa Waru Bantarkawung Dikerahkan Untuk Bersihkan Tanah Longsoran Yang Menimpa di Wilayahnya

50
×

Puluhan Warga Desa Waru Bantarkawung Dikerahkan Untuk Bersihkan Tanah Longsoran Yang Menimpa di Wilayahnya

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Akibat wilayahnya terjadi nencana alam (bencal) longsor Warga Desa Waru, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes dibantu anggota Babinsa Koramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes melakukan kerja bakti dan bergotong royong untuk menyingkirkan material longsor tebing yang menutup akses jalan antar dusun di desa tersebut, Kamis (9/3/2023) pagi.
Kepala Desa (Kades) Waru Hendra Susilo menerangkan kejadian tanah longsor di Desa Waru yang dipicu guyuran air hujan deras pada Rabu 8 Maret 2023. siang hingga malam hari mengakibatkan dibeberapa titik tebing di wilayahnya mengalami longsor diantaranya akses menuju dukuh waru ada 2 titik longsoran, menuju dukuh Kutalarang ada 1 titik, menuju dukuh Ciruyuk ada 1 titik, dan menuju Dukuh Muara ada 3 titik longsoran dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
Hendra mengatakan dalam memberi penanganan darurat peristiwa bencana alam ini pihaknya mengerahkan puluhan warga di masing masing wilayah Dukuh yang mengalami longsor untuk bergotong royong yang dibantu oleh anggota Babinsa/Bhabinkamtibmas dan relawan BPBD Brebes guba membersihkan material longsoran guna memulihkan akses transportasi perekonomian warganya.
“Kelongsoran tebing persawahan dan perkebunan milik warga terkena longsoran sehingga menutup badan jalan di dua titik. Dengan peralatan seadanya gotong royong warga membuka akses jalan dan alhamdulillah semuanya telah selesai.
“Dengan gotong royong tersebut saat ini semua jenis kendaraan bermotor sudah bisa melintas,” ujarnya.
Hendra dengan peristiwa ini bahkan kondisi cuaca alam yang masih ekstrim ini pihaknya menyampaikan himbauan kepada masyarakat melalui para kadus. untuk tetap waspada dan berhati hati saat kondisi cuaca alam yang kurang bersahabat.
Lanjut Hendra juga menyampaikan 
apresiasi atas keterlibatan segenap pihak dalam membuka akses jalan desanya. “Dengan kepedulian dan bantuan dari segenap pihak maka hubungan silaturahmi akan semakin kental,” tuturnya.(imam)

Baca Juga :  Pemdes Cilibur Masih Butuh Penanganan Pembangunan Peningkatan Jalan di Wilayahnya