Scroll ke Atas
Berita Utama

Tidak Hanya Arus Mudik, Polres Brebes Juga Fokus Pengamanan di Obyek Wisata

48
×

Tidak Hanya Arus Mudik, Polres Brebes Juga Fokus Pengamanan di Obyek Wisata

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Selain pelaksanaan pengamanan jalur mudik dan balik Idul Fitri tahun 2023, Polres Brebes juga melaksanakan pengawasan dan pengamanan di sejumlah obyek wisata (OW) yang tersebar di seluruh Kabupeten Brebes.
Pengamanan tersebut masih dalam rangkaian kegiatan Operasdi Ketupat Candi (OKC) 2023 yang digelar secara serentak di Jawa Tengah sejak tanggal 17-30 April 2023.
Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Kabag Ops Kompol Dodiawan mengatakan bahwa selain pengamanan jalur mudi dan balik, Polres Brebes juga menempatkan personel untuk melaksanakan pengamanan dilokasi obyek wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Brebes.
Disebutkan, di Kabupaten Brebes sendiri ada bebrapa destinasi wisata yang ramai dikunjungi pemudik diliburan panjang Idul Fitri baik wisata alam, perairan maupun wisata keluarga yang berlokasi di bebrapa kecamatan seperti Brebes, Banjarharjo dan Paguyangan.
“Usai libur idul fitri, destinasi wisata diwilayah Kabupaten Brebes dipadati oleh wisatawan. Untuk mengantisipasi kecelakaan dan hal lain yang tidak diinginkan, jajaran Polres Brebes juga fokus pengamanan di destinasi wisata tersebut,” jelas Kabag Ops Jum’at (28/4/2023).
Kabag Ops mengungkapkan, wisatawan yang menikmati liburan mengalami lonjakan yang cukup signifikan saat libur Idul Fitri ini. Hal ini bisa dilihat dari ramainya sejumlah destinasi wisata wilayah Kabupaten Brebes.
“Peningakatan wisatawan cukup kelihatan pada libur Idul Fitri ini. Sejumlah destinasi wisata tampak dipadati wisatawan,” ungkapnya.
Ramainya aktivitas wisatawan, lanjutnya membuat pengamanan juga difokuskan di destinasi wisata. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang dialami wisatawan. 
“Kami telah menempatkan personel pengamanan diobyek wisata yang ada dimasing masing Kecamatan dibawah kendali Kapolsek dan Kasatgas Pengamanan Obyek wisata,” lanjutnya.
Dalam pelaksanaan pengamananya, pihaknya juga menginstruksikan kepada personel dilapangan untuk melakukan patroli dan mengingatkan wisatawan, pengelola objek wisata terkait dengan keamanan saat berwisata.
“Kami ingatkan wisatawan agar berwisata dengan aman dan nyaman. Selalu patuhi peringatan yang telah terpasang disetiap lokasi dan petunjuk dari petugas serta pengelola wisata,” lanjutnya.
Ia juga mengingatkan para pengelola, untuk sama-sama mengingatkan jika ada wisatawan yang melakukan aktivitas berbahaya.
“Sampai saat ini tidak ada laporan maupun kejadian kecelakaan dilokasi wisata,” pungkasnya.(Dun).

Baca Juga :  Panglima TNI Pantau Situasi Kamtibmas Malam Pergantian Tahun 2023