Scroll ke Atas
Berita Utama

Kemensos Salurkan Bantuan 200 Jt, Bagi Penyitas Disabilitas di Kabupaten Brebes

117
×

Kemensos Salurkan Bantuan 200 Jt, Bagi Penyitas Disabilitas di Kabupaten Brebes

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Sebagai upaya dalam membantu penyitas Disabelitas, Kementrian Sosial (Kemensos) RI melalui Yayasan Sentra Satria Banyumas salurkan bantuan Atensi Cluster Desabelitas sejumlah 200 penerima se-Kabuten Brebes. Bertempat di Aula Eks Pendopo Bumiayu, Kamis 27 Juli 2023.
Andi Kurniawan selaku koordinator kegiatan menjelaskan, bantuan tersebut merupakan program dari Kemensos untuk meringankan beban bagi para penyitas Disabelitas.
Program tersebut sudah dimulai Kemensos dari tahun 2022, dengan melakukan Asesmen (Pendataan) oleh Tim pendamping dari mulai pendaping rehabilitasi sosial, PKH, TKSK dan pendamping lainya yang turun langsung ke masyarakat untuk mendapatkan data yang akurat.
“Hasil dari identifikasi Tim didapatkan sejumlah 27 ribu data Disabelitas dari 13 Kabupaten yakni 6 kabupaten di Jawa Tengah, salah satunya Brebes dan 7 Kabupaten lainya di Kalimantan Barat,” ungkap Andi.
Lanjut Andi, untuk Kabupaten Brebes ada sekira 200 orang penerima manfaat, yakni 124 orang di Wilayah Brebes selatan terdiri dari beberapa kecamatan yang penyerahannya bertempat di Pendopo Bumiayu. Sedangkan 76 sisanya diperuntukan bagi Disabilitas di Brebes bagian utara tepatnya di Rumah Singgah Jatibarang.
“Untuk besaran nilai bantuan ialah 200 jt, dengan masing-masinh 1jt per orang, bantuan berupa bahan-bahan makanan pokok atau sembako serta bantuan lainya seperti alat bantu Disabelitas dan bantuan kewirausahan,” terangya.
Untuk bantuan alat penyitas Disabelitas terdiri dari; 4 ABD, 1 meja dan kursi terapi wicara dan sensori, 2 kaki palsu, 3 kursi roda Adaptif, 19 kursi roda standar dan 7 buah tripoid (tongkat bantu).
Selain dari bantuan-bantuan tersebut menurut Andi, yang paling spesial ialah bantuan untuk kewirausahaan. Bantuan kewirausahaan seperti permodalan bagi penyitas difabel dapat memberikan ruang khusus sehingga para penyandang disabelitas bisa berkarya dan memiliki kreatifitas bernilai ekomomi sehingga para difabel bisa mandiri.
“Dengan adanya bantuan dari Pemerintah dalam hal ini Kemensos kami berharap dapat dirasakan manfaatnya, terutama bagi penerima bantuan kewirausahaan sehingga dapat menjadikan mereka yang Disabilitas mandiri dan sejahtera,” Pungkas Andi.
Kegiatan penyaluran dan serah terima dilakukan secara simbolis dari Ketua Balai Sentra Satria Baturaden Kemensos RI kepada Sekdinsos Brebes Imam Baihaki, disaksikan dan dihadiri oleh Kepala Balai Satria Baturaden Darmanto, serta unsur pembantu proses penyaluran dari para pendamping PKH dan TKSK se- Kabupaten Brebes.*
Penulis: Yayan Eryanto.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila Kecamatan Taman Berbagi Ta’jil untuk Masyarakat