Scroll ke Atas
Brebes

Dinsos Brebes Sosialisasikan Validasi Data Kemiskinan siks-dj.go.ig

59
×

Dinsos Brebes Sosialisasikan Validasi Data Kemiskinan siks-dj.go.ig

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dinas Sosial Kabupaten Brebes mengadakan sosialisasi validasi data kemiskinan kepada Aparatur Pemerintah Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog di balai desa setempat pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Disampaikan Warudin A,Ks.MM, Penyuluh Sosial Muda dari Dinsos Brebes, bahwa sosialisasi tersebut disinkronisasikan dalam kegiatan non fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes.

Baca Juga :  PPM MBS Bumiayu Bangun Jiwa Kepemimpinan melalui LDK dan UKT Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Qobilah KH. Ahmad Mudzakir Pangkalan PPM MBS Bumiayu

“Materi sosialisasi adalah tentang validasi data masyarakat miskin dan apa saja kriteria masyarakat yang dikategorikan miskin ekstrem,” paparnya.

Lanjutnya, validasi dari desa penting agar kondisi data terpadu di Kabupaten Brebes, Provinsi, dan pusat dapat sama atau tidak terjadi perbedaan kriteria kemiskinan.

Berdasarkan hal itu, pengelolaan data kemiskinan daerah dilakukan melalui aplikasi siks-dj.go.ig demi mendapatkan data kependudukan secara menyeluruh, klasifikasi kemiskinan, dan klaster.

Baca Juga :  TMMD Sengkuyung, Warga Buniwah Antusias Bantu Pembuatan Jalan Baru

“Jika data valid sampai ke pusat, maka diharapkan mempercepat prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem di daerah,” tandasnya.

Menurutnya, penanggulangan kemiskinan dengan pendekatan data mikro yang operasional, tidak hanya meningkatkan efektivitas dan efisiensi program saja, namun juga menjaga keberlanjutan pembangunan dan kualitas hidup masyarakat. (Aan/red)