Scroll ke Atas
banner 970x250
Brebes

Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi di Non Fisik TMMD

28
×

Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi di Non Fisik TMMD

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – DPKH (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan) Kabupaten Brebes memberikan pelatihan cara pembuatan pakan ternak yang baik kepada para peternak kambing/domba Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, dalam kegiatan Non Fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes, Rabu (11/10/2023).

Dikemukakan Budi Santoso, Kabid Budidaya Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, bahwa pembuatan complete feed atau pakan komplit secara fermentasi untuk ternak ruminansia itu (kambing, domba, sapi, dan kerbau) akan sangat membantu bagi warga Kaliloka khususnya di saat musim kemarau, dimana cukup sulit mendapatkan hijauan pakan ternak.

Advertisement
banner 970x250
Scroll Untuk Baca

“Pakan alternatif ini dibuat dengan memanfaatkan limbah pertanian yaitu batang padi atau jerami, dan merang, kemudian dicampur bekatul, tetes tebu, dan starter mikroba,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dandim Sragen Resmi Tutup Karya Bakti Manunggal Guyub Rukun ke-18 Ds. Juwok

Lanjut Edy, pakan fermentasi ini akan memangkas biaya operasional ternak dari pemberian rumput atau konsentrat, karena pakan fermentasi ini juga mampu bertahan lama.

“Selain menghemat tenaga dan waktu untuk mencari hijauan ternak, dengan pakan fermentasi ini maka kotoran ternak tidak bau,” sambungnya.

Untuk proses pembuatan pakan fermentasi cukup mudah, yaitu rumput difermentasikan dengan bahan pembusuk selama 2-3 hari.

“Baunya seperti tape, karena proses dan cara fermentasinya pun tidak jauh beda dengan tape,” tandasnya. (Aan/red)