Scroll ke Atas
Brebes

Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi di Non Fisik TMMD

69
×

Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi di Non Fisik TMMD

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – DPKH (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan) Kabupaten Brebes memberikan pelatihan cara pembuatan pakan ternak yang baik kepada para peternak kambing/domba Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, dalam kegiatan Non Fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes, Rabu (11/10/2023).

Dikemukakan Budi Santoso, Kabid Budidaya Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, bahwa pembuatan complete feed atau pakan komplit secara fermentasi untuk ternak ruminansia itu (kambing, domba, sapi, dan kerbau) akan sangat membantu bagi warga Kaliloka khususnya di saat musim kemarau, dimana cukup sulit mendapatkan hijauan pakan ternak.

Baca Juga :  Forkompinca Bantarkawung Brebes, Gelar Apel Tagana Antisipasi Badai El Nino

“Pakan alternatif ini dibuat dengan memanfaatkan limbah pertanian yaitu batang padi atau jerami, dan merang, kemudian dicampur bekatul, tetes tebu, dan starter mikroba,” ungkapnya.

Lanjut Edy, pakan fermentasi ini akan memangkas biaya operasional ternak dari pemberian rumput atau konsentrat, karena pakan fermentasi ini juga mampu bertahan lama.

Baca Juga :  54 Anggota Polisi di Brebes Naik Pangkat Pada Akhir Tahun

“Selain menghemat tenaga dan waktu untuk mencari hijauan ternak, dengan pakan fermentasi ini maka kotoran ternak tidak bau,” sambungnya.

Untuk proses pembuatan pakan fermentasi cukup mudah, yaitu rumput difermentasikan dengan bahan pembusuk selama 2-3 hari.

“Baunya seperti tape, karena proses dan cara fermentasinya pun tidak jauh beda dengan tape,” tandasnya. (Aan/red)