Scroll ke Atas
Berita UtamaNasional

Panglima TNI Menjadi Saksi Suksesi Kepemimpinan TNI AD di Istana Negara

109
×

Panglima TNI Menjadi Saksi Suksesi Kepemimpinan TNI AD di Istana Negara

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menjadi saksi pada acara pelantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, bertempat di Istana Negara Jakarta. Rabu (25/10/2023).

Dalam rangkaian acara pelantikan tersebut, Presiden RI Joko Widodo melaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kasad sesuai agamanya. “Saya akan bertanya kepada saudara, bersediakah saudara untuk diambil sumpah,” ujarnya.

“Bersedia ,” jawab Jenderal TNI Agus.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jenderal TNI Agus mengikuti ucapan Presiden.

Baca Juga :  Bakamla RI Tangkap Kapal Malaysia Curi Ikan di Perairan Kepri

Pelantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 89/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat tertanggal 25 Oktober 2023. Sementara itu, kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letjen menjadi Jenderal TNI didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 90/TNI/Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Baca Juga :  Wabup Brebes Hadiri Deklarasi Program Jejaring Desa Rodjo Kojo Ndoro Kojo Di Pandansari Paguyangan

Turut hadir dalam acara pelantikan, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury. Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.*