Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Era Digital Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Masyarakat Kabupaten Pemalang

404
×

Era Digital Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Masyarakat Kabupaten Pemalang

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengajak jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang untuk memanfaatkan era digital guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat. Hal ini disampaikan saat membuka Bakohumas di salah satu hotel di Pemalang, Rabu (8/11/2002).

“Era digital ini sangat bagus ya bagi pemerintah untuk monitoring layanan masyarakat agar lebih cepat dijawab,” ujarnya.

Mansur mengatakan bahwa dengan adanya perkembangan era digitalisasi, semua pengaduan dari masyarakat dapat lebih cepat direspon oleh pemerintah, sehingga pemerintah dianggap responsif dan baik dalam melayani masyarakat. “Kalau ada pengaduan dari masyarakat bisa cepat dijawab karena sudah era digitalisasi kalau tidak cepat dijawab maka pemerintah dianggap tidak baik,” tutur Mansur dihadapan seluruh pimpinan OPD di jajarannya.

Baca Juga :  Ada 5 Spot Potensial Paralayang di Brebes

Mengenai efisiensi di era digital, ia mencontohkan seperti surat dokumen dan lainnya yang kini menggunakan digital sehingga menghemat anggaran untuk mencetak dokumen tersebut. Untuk itu, pihaknya mendorong jajarannya memanfaatkan era digitalisasi guna mendorong peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan masyarakat.

Mansur membantah anggapan sejumlah pihak yang menyatakan bahwa pelayanan masyarakat memerlukan anggaran besar. Menurutnya, tidak semua pelayanan membutuhkan anggaran besar, contohnya melayani dengan senyuman oleh aparatur pemerintah. “Pelayanan tidak harus menggunakan anggaran, di rumah sakit misalnya dengan memberikan senyuman maka orang yang sakit akan minimal akan mengurangi rasa sakitnya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jelang Ramdhan dan Idul Fitri PU UPT Bantarkawung Perbaiki Ruas Jalan yang Rusak

Perwakilan Ombudsman Jateng, Siti Farida menegaskan bahwa pemerintah telah berkomitmen untuk melayani dan berjanji mengabdi kepada masyarakat. “Kita tahu telah berkomitmen untuk melayani masyarakat dan berjanji untuk mengabdi kepada masyarakat, namun bukan semata-mata anggaran untuk meningkatkan pelayanan kita,” tegasnya.

Plt Kadiskominfo Pemalang Joko Ngatmo menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan sebagai media komunikasi dan informasi Pemkab Pemalang serta menumbuhkan sinergitas. ** ( Joko Longkeyang )