Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Bupati Resmi Membuka Festival Bandeng Salto Rangkaian HUT Kabupaten Pemalang ke-449

325
×

Bupati Resmi Membuka Festival Bandeng Salto Rangkaian HUT Kabupaten Pemalang ke-449

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, S.T., secara resmi meresmikan Festival Bandeng Salto di Desa Kertosari, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (27/1/2024),

Festival ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempromosikan kuliner asli Ulujami, yaitu Bandeng Salto. Bupati Pemalang berharap melalui festival ini, Bandeng Salto dapat lebih terkenal baik di dalam maupun di luar Pemalang. Festival Bandeng Salto merupakan inisiatif dari Kecamatan Ulujami dan para kepala desa di wilayah tersebut, dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Baca Juga :  Babinsa Cek Ketersediaan Pupuk dan Obat Hama

Perlu diketahui Bandeng Salto adalah produk kuliner yang dikenal sebagai hasil olahan bandeng asli Ulujami, yang memiliki keistimewaan dalam penggunaan salai dan presto sebagai bahan utama. Salai adalah proses pengasapan atau pemanggangan makanan hingga kering, sedangkan presto adalah proses perebusan hingga daging bandeng lunak dan empuk. Dalam Bandeng Salto, kedua teknik tersebut dikombinasikan dengan sempurna, menghasilkan cita rasa yang unik dan menggoyang lidah.

Baca Juga :  Babinsa Kratonan Amankan Ibadah Sabtu Sunyi GKJ Joding & Sholat Magrib Masjid Al- Hikmah

Melalui festival ini, masyarakat dapat menikmati Bandeng Salto dalam berbagai varian dan menu khas. Kuliner ini tidak hanya akan memanjakan lidah, tetapi juga memperkenalkan kaya akan cita rasa tradisional Ulujami. Festival Bandeng Salto sendiri merupakan bagian dari perayaan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-449, yang menggambarkan kekayaan kuliner dan budaya setempat.** ( Joko Longkeyang )