Scroll ke Atas
Berita UtamaPendidikan

Universitas Paramadina Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk UMKM

16
×

Universitas Paramadina Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk UMKM

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, JAKARTA – UMKM memiliki peran vital dalam memajukan perekonomian daerah. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas digital sangat diperlukan agar UMKM dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Hal ini disampaikan Dr. Iyus Wiadi, MPA pada acara Program Pelatihan Literasi Digital bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Karawang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas digital para pelaku UMKM.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta dan dilaksanakan di Kampus Universitas Paramadina Cikarang, pada hari Rabu, 19 Juni 2024. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Karawang, Dindin Rachmadhy, S.Sos., MM, Dr. Iyus Wiadi, MPA, Dr. Agung Surya Dwianto, Adrian A. Wijanarko, MM, serta dosen dan mahasiswa Manajemen Universitas Paramadina.

Baca Juga :  Jajaran KB FKKPI Rayon 08 Datangi Markas Koramil Bumiayu Sampaikan Ucapan Selamat Hut TNI Ke 77 Tahun 2022

Kerjasama yang dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan misi tersebut dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan, pembinaan, dan kegiatan potensial lainnya.

Pelatihan kali ini memberikan fasilitas berupa sharing pengetahuan dan modul yang relevan dengan kebutuhan UMKM dengan para penerima manfaat dari mitra dunia industri, dalam hal ini mitra dari Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Karawang..

Baca Juga :  Harris Turino Bersama Kemenkop Dukung Pertumbuhan dan Penguatan UMKM Hadapi Globalisasi

Tema-tema pembelajaran yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi Strategi Pemasaran Produk dan Inovasi yang dibawakan oleh Permata Dian Pratiwi, MM, Pemasaran melalui Media Sosial oleh Mohamad Sajili, MM, dan Manajemen Hubungan Pelanggan oleh Kenita Putri, MM. Peserta diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam pemasaran dan pengelolaan bisnis.

“Dengan adanya pelatihan ini, kami dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam melakukan promosi penjualan serta pengelolaan secara manajerial. Harapan saya acara ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan memberikan pendampingan lain yang relevan dengan kebutuhan kami,” kata salah satu peserta.