Scroll ke Atas
Berita Utama

Hujan Deras Guyur Wilayah Kecamatan Bantarkawung Terjadi Longsor dan Banjir Landa Delapan Desa

64
×

Hujan Deras Guyur Wilayah Kecamatan Bantarkawung Terjadi Longsor dan Banjir Landa Delapan Desa

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Kondisi  hujan dèras dengan  intensitas tinggi di Wilayah Kecamatan Bantarkawung, kabupaten Brebes, berdampak sejumlah  8 desa mengalami bencana alam longsor,Banjir,  Kamis  (31/3/2022) malam
Kedelapan desa yang terkena  longsor dan Banjir meliputi desa Bantarkawung, Tambak serang, Cibentang, Legok, Bantarwaru, Kebandungan, Bangbayang dan Pangebatan.
Keterangan yang dihimpun menyebutkan guyuran hujan yang terjadi  pada Kamis malam sekitar pukul 15.30 WIB sampai dini hari di dukuh Gempol Desa Bantarkawung mengakibatkan dua sungai yang ada sungai  Ciraja dan sungai Pemali meluap hingga air sungai menggenangi kepemukiman  warga  dan sarana pendidikan tergenang  banjir juga roboh akibat longsor.
Camat Bantarkawung melalui Kasie Trantibum kecamatan Suranto S.Sos membenarkan bencana alam 
banjir  yang dipicu meluapnya  dua sungai dan  longsor yang terjadi dibeberapa desa.
Dikatakan Suranto komdisi banjir yang menimpa pemukiman warga maupun sarana publik dibeberapa desa tersebut saat ini banjir telah berangsur surut kata Suranto Jum’at (1/4/2022)
Dikatakan Suranto  upaya penanganan bencana slam ini pihak Forkopimcam bersama Satgas BPBD Brebes langsung melakukan meninjau kelokasi untuk memberikan penanganan sementara dan mendata dampak dari bencana alam tersebut.
Lanjut Suranto terkait kerap terjadinya banjir diwilayah kecamatan Bantarkawung dipicu dua sungai besar yang ada  manakala kondisi sungai tersebut airnya  meluap saat diguyur hujan deras.
“Dihimbau kepada warga yang pemukimannya disekitar aliran sungai maupun tebing/bukit disaat manakala turunnya hujan agar tetap waspada dan hati -hati,” tuturnya.(imam)

Baca Juga :  Ketua DPR RI Puan Maharani Berikan Santunan Beras Bagi Para Penarik Becak di Bumiayu