Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Dalam Kongres Heri Fitriansyah Plt. Ketua PSSI, Asrofi Terpilih Sebagai Ketua Umum Persab Brebes Secara Aklamasi

×

Dalam Kongres Heri Fitriansyah Plt. Ketua PSSI, Asrofi Terpilih Sebagai Ketua Umum Persab Brebes Secara Aklamasi

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Heri Fitriansyah resmi ditunjuk oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Brebes. Menyusul telah habisnya masa jabatan Ketua Askab PSSI Brebes, yang dipegang oleh Idza Priyanti selama dua periode di akhir tahun.
Tampak penunjukan Heri Fitriansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Askab PSSI Brebes itu, dan berdasarkan hasil Kongres Askab PSSI Brebes, di aula SMA Negeri 01 Brebes, Sabtu (31/12/2022) siang.
Sementara dalam kongres Askab PSSI Brebes Tahun 2022 ini, Asprov PSSI Jateng menunjuk Heri Fitriansyah sebagai Plt Ketua Askab PSSI Brebes atas dasar Surat Keputusan. Yakni dengan Nomor : SKEP/14.AK/PSSI-Jtg/XII/2022, yang ditandangani langsung oleh A.S. Sukawijaya atau yang akrab dipanggil Yoyok Sukawi pada tanggal 27 Desember 2022 lalu.
Dalam SK tersebut, dijelaskan terdapat salah satu poinnya, bahwa Askab PSSI Brebes dibawah kepimimpinan Hj Idza Priyanti SE MH dengan masa periode 2018-2022 telah berakhir pada 24 Desember 2022.Untuk itu, Asprov PSSI Jateng yang menunjuk Heri Fitriansyah sebagai PLt Ketua Askab PSSI Brebes diberi kewenangan untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan Kongres Pemilihan Askab PSSI Brebes dalam jangka waktu 3 bulan setelah surat keputusan tersebut ditetapkan.
Ketua Askab PSSI Brebes Idza Priyanti yang diwakili oleh Bendahara Askab PSSI Brebes, Rojat, menyampaikan terimakasih kepada jajaran panitia kongres sehingga dapat berjalan dengan baik.
Dalam kesempatan itu Askab PSSI Brebes juga mengucapkan selamat sekaligus apresiasi atas hasil capaian Persab Brebes junior yang berhasil menjuara Piala Soeratin U-17 Jateng 2022.
“Berharap sepakbola Kabupaten Brebes kedepan dalam pembinaan bisa lebih baik lagi, sehingga bisa berprestasi yang lebih tinggi lagi di even nasional. Tentuanya, jika selama kepemimpinan Ibu Idza Priyanti menjabat sebagai Ketua Askab PSSI Brebes masih terdapat kekurangan agar bisa di evaluasi demi kemajuan sepakbola di Kabupaten Brebes,” harap Rozat
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Brebes, Caridah yang diwakili oleh salah satu stafnya, Kusriyanto, juga turut memberikan apresiasi atas perjuangan jajaran pengurus, managamen, tim pelatih dan para pemain serta officialnya, sehingga Persab Brebes bisa meraih juara Piala Soeratin U-17 Jateng 2022.
“Insya Allah dari Dinpora Brebes akan memberikan bonus kepada tim Persab Brebes junior atas prestasi mendapatkan gelar juara Piala Soeratin U-17 Jateng 2022,” katanya.
Usai Kongres Askab PSSI Brebes, acara dilanjutkan dengan kongres pemilihan Ketua Umum Persab Brebes masa bhakti periode 2022-2027. Kongres tersebut diselanggarakan juga mengingat telah habis masa jabatan Heri Fitriansyah menjabat sebagai Ketua Umum Persab Brebes.
Kongres tersebut merupakan yang kali ketiga dilaksanakan dibawah kepemimpinan Heri Fitriansyah sebagai Ketua Umum Persab Brebes. Yakni, kongres pertama digelar pada 2012, kemudian kongres kedua pada 2017 dan terakhir pada tahun 2022 ini.
Sebagaimana diketahui, bahwa Kongres Pemilihan Ketua Umum Persab Brebes masa bhakti periode 2022-2027 dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang dilakukan oleh panitia penjaringan bakal calon Ketua Umum Persab Brebes untuk periode 5 tahun kedepan.
Salah satu panitia penjaringan berkas verifikasi bakal calon Ketua Umum Persab Brebes, Bayu Setiawan, yang juga anggota Exco Persab Brebes, menyampaikan, dalam tahapan penjaringan, ada 8 kandidat yang dinyatakan lolos penjaringan.
Dari 8 kandidat tersebut, 1 diantaranya, yakni Rojat mengundurkan diri dan 1 meninggal dunia, yakni Lord Rangga Sasana. Dengan demikian, terdapat 6 kandidat yang akan siap bersaing melalui kongres Pemilihan Ketua Umum Persab Brebes ini.
Mereka adalah M. Yusuf, Asrofi, Tobidin, M. Nizwar, Iqbal Tanjung dan Jefri Arsya Roby. Kemudian dari 6 kandidat itu, yang hadir dalam kongres Pemilihan Ketua Umum Persab Brebes masa bhakti periode 2022-2027, hanya 3 kandidat. Ketiga kandidat tersebut, yakni M. Yusuf, Asrofi dan M. Nizwar.
Namun demikian, kata Bayu Setiawan, dari 3 kandidat tersebut, hanya ada 2 yang memeuhi persyaratan dalam perolehan dukungan dari klub sepakbola sebagai peserta atau voter. Yaitu M. Yusuf dan Asrofi.
Selanjutnya, pimpinan sidang kongres Pemilihan Ketua Umum Persab Brebes, Tri Boedy Hermanto, meminta kepada kedua kandidat, yaitu M. Yusuf dan Asrofi, untuk menyampaikan visi misinya.
Diawali dengan visi misi dari Asrofi. Menurutnya, prestasi sepakbola tidak mungkin bisa diraih tanpa adanya kebersamaan. 
Walaupun sebelumnya terapat perbedaan dalam pemilihan penjaringan bakal calon Ketua Umum Persab Brebes, namun melalui Kongres ini, Asrofi ingi bersatu padu agar Persab Brebes kedepan bisa lebih berprestasi lagi.
“Setelah kongres ini, tidak ada lagi kubu Asrofi maupun M. Yusuf. Kami ingin saling bersinergi dalam kepengurusan memajukan Persab Brebes,” ujar Asrofi, yang juga Manager Persab Brebes junior yang berhasil menjuarai Piala Soeratin U-17 Jateng 2022 ini.
Sementara itu, M. Yusuf. Namun, yang bersangkutan memilih untuk mengundurkan diri dari kongres Pemilihan Ketua Umum Persab Brebes masa bhakti periode 2022-2027, baik disampaikan dalam forum kongres maupun secara tertulis.
Meski begitu, M. Yusuf tetap berkomitmen ikut mamajukan bersama Persab Brebes membantu dunia sepakbola di Kabupaten Brebes yang lebih baik lagi.
Atas keputusan pengunduran diri M. Yusuf, kemudian pimpinan sidang Tri Boedy Hermanto menawarkan keada voters dengan jumlah 21 dari 24 klub. Hasilnya, mereka menyutujui bahwa Asrofi dipilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Persab Brebes periode 2022-2027.
Ketua Umum Persab Brebes Heri Fitriansyah, yang sudah demisioner kepengurusannya mengatakan, bahwa sepakbola merupakan olahraga yang populer. Untuk itu, diharapkan Persab Brebes yang didirikan pada tahun 1964, diusianya yang mendekati usia emas bisa memotivasi bagi generasi penerus sepakbola Kabupaten Brebes.
“Kami mohon maaf, sudah berusaha dengan keras untuk membawa Persab Brebes menuju Liga Profesional, namun belum bisa tercapai. Untuk dengan Ketua Umum Persab Brebes yang baru melalui hasil kongres ini, bisa membawa tim sepakbola kebanggaan masyarakat Kabupaten Brebes ini ke Liga Profesional. 
Tak lupa, kami beserta seluruh jajaran pengurus juga mengucapkan selamat atas keberhasilan Persab Brebes junior meraih juara Piala Soeratin U-17 Jateng 2022. Semoga diputaran nasional nanti, Persab Brebes bisa mengulang kejayaannya seperti pada tahun 2016 lalu, yaitu menjadi juara Piala Soeratin Nasional,” pungkas Heri – (imam)
Baca Juga :  Kapolres Brebes Menyerahkan Tropy dan Hadiah Pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan HUT Bhayangkara Ke 76