Scroll ke Atas
Berita Utama

18 MI di Pemalang Mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka.

82
×

18 MI di Pemalang Mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka.

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Kepala Madrasah dan guru dari 18 Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang tergabung di KKM II Kabupaten Pemalang diberi pembekalan terkait bagaimana mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dilingkup madrasah yang akan diterapkan pada 2024 mendatang.

“Saat ini memang di Kementerian Agama sedang banyak sosialisasi dan sekaligus ini adalah petunjuk dan sekaligus perintah dari Kementerian Agama untuk ‘lingkup madrasah’ bagaimana tahun depan, madrasah itu bisa mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” ujar Suyanto selaku Pokjawas (Kelompok Kerja Pengawas) Madrasah Provinsi Jawa Tengah disela kegiatan Bimbingan Teknis tentang Implementasi Kurikulum Merdeka bertempat di salah satu rumah makan di Kelurahan Wanarejan Selatan, Kecamatan Taman, Pemalang, Selasa, 28 Februari 2023.

Suyanto mengatakan dalam kegiatan bimbingan teknis ini, Kepala Madrasah dan guru diberi pembekalan untuk bagaimana mereka mempersiapkan diri mengimplementasikan Kurikulum Merdeka kedepan. Baik persiapan dari sisi perangkat maupun sisi aplikatif yang lain.

Termasuk bagaimana agar guru itu mampu untuk mengembangkan kompetensinya terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Melihat antusias peserta dalam mengikuti kegiatan Bimtek pada hari pertama ini, pihaknya pun memberikan apresiasi. Pihaknya berharap pada hari kedua dan ketiga atau hari terakhir pelaksanaan kegiatan tersebut, antusias peserta semakin tinggi.

Lebih lanjut Suyanto menjelaskan bahwa perubahan kurikulum memang menjadi sebuah dinamika pendidikan. Kalau dulu sekolah dan madrasah menerapkan Kurikulum 2013, sekarang ada perubahan dalam bentuk Kurikulum Merdeka.

“Sebenarnya Kurikulum Merdeka ini adalah sesuatu yang luar biasa. Karena pelajar, baik tingkat PAUD, SD, SMP maupun SMA semuanya diarahkan bagaimana pelajar kita itu mempunyai karakter yang Pancasilais. Jadi karakter Pancasilais itu yang dikembangkan melalui Kurikulum Merdeka,” tandas Suyanto.

Dengan Implementasi  Kurikulum Merdeka ini, pihaknya berharap akan membawa kesuksesan bangsa Indonesia untuk tetap bagaimana siswa punya karakter yang Pancasilais. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana ikhtiar Pemerintah untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). *

Penulis : Yanto

Baca Juga :  Jelang Natura 2023 Jajaran Polsek Bumiayu Tingkatkan Patroli