Scroll ke Atas
Berita UtamaPemalang

Setelah Vakum 3 Tahun Akibat Pandemi, Festival Wong Gunung (FWG) Kembali Digelar

90
×

Setelah Vakum 3 Tahun Akibat Pandemi, Festival Wong Gunung (FWG) Kembali Digelar

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang  – Setelah mengalami vakum selama tiga tahun akibat dampak pandemi Covid-19, Festival Wong Gunung (FWG) yang menjadi salah satu tradisi tahunan di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah akhirnya kembali digelar,” Rencananya, FWG akan berlangsung selama tiga hari, dimulai pada tanggal 21 hingga 23 September 2023 ,” kata PLT Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka FWG 2023 pada Kamis, 21 September 2023,

Plt. Bupati Mansur Hidayat menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu acara nasional yang mendapatkan pengakuan di tingkat Jawa Tengah dan berharap bahwa FWG ini akan berlanjut di masa depan karena memberikan manfaat yang besar, terutama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Pulosari. Banyak warga lokal yang berjualan produk khas Pemalang selama festival berlangsung ,”Dalam festival ini, kita melihat banyak stan yang menjual makanan, makanan tradisional, dan produk-produk unik dari Pemalang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ribuan KPM Desa Taraban Paguyangan Cairkan Bansos BLT BBM Sembako PKH Di Desa Kretek Tahap Nopember 2022

Lebih lanjut, Mansur menjelaskan bahwa FWG bukan hanya acara tahunan, tetapi juga sebagai ajang promosi pariwisata, kuliner, dan budaya khas desa-desa di Kecamatan Pulosari.

Sebelumnya, Muhibin, yang mewakili penyelenggara FWG 2023, menyampaikan bahwa festival ini adalah kegiatan tahunan yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. FWG tidak dapat digelar pada tahun 2020, 2021, dan 2022, tetapi pada tahun 2023, para penggiat pariwisata di Pulosari sepakat untuk mengadakan kembali FWG.
“Festival ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan doa kepada Allah SWT, dengan harapan agar Kecamatan Pulosari, khususnya dalam pasokan air bersih, dapat mengalami kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat ,” tambah Muhibin.

Baca Juga :  Futsal Center Sikasur Menjadi Tuan Rumah Turnamen Futsal Antar Sekolah se- Kabupaten Pemalang

Berbagai kegiatan menarik telah diadakan dalam FWG 2023, termasuk pameran produk unggulan UMKM, prosesi pengambilan “banyu panguripan” (air kehidupan), kirab Agung banyu panguripan, pasrahan, gelar budaya “wong gunung,” dan harmoni “wong gunung.” Semua kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 21 hingga 23 September 2023.

Usai pembukaan, Plt. Bupati Mansur Hidayat bersama istri Ny. Shanti Rosalia Mansur Hidayat serta rombongan berkesempatan mengunjungi beragam stan yang berpartisipasi dalam festival yang sangat dinantikan ini. ( Joko Longkeyang )