Scroll ke Atas
DaerahPemalang

Buat Talud Baru, Kades Petanjungan Harapkan Kualitas Hidup Warganya Meningkat

196
×

Buat Talud Baru, Kades Petanjungan Harapkan Kualitas Hidup Warganya Meningkat

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG  – Pembangunan infrastruktur terus dilakukan di Desa Petanjungan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kali ini, pemerintah desa menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023 untuk membuat pekerjaan pembangunan talud dengan volume 136 m dan plat deker sepanjang 37 m x 3 m. Dengan menggunakan anggaran Dana Desa ( DD ) sebesar Rp. 106.429.000 untuk talud dan Rp. 96.957.000 untuk plat deker.

Nazar, ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), mengatakan ,” Pembangunan di RT 05 / RW 01 talud dengan volume 136 m dan plat deker sepanjang 37 m x 3 m. Dengan menggunakan anggaran Dana Desa ( DD ) sebesar Rp. 106.429.000 untuk talud dan Rp. 96.957.000 untuk plat deker ,” kata Nazar Selasa ( 3/10/2023 ).

Ditambahkan olehnya, pembangunan tersebut di lokasi pembuangan air dan kedepannya berencana membuat akses jalan yang lebih baik dan nyaman bagi warga setempat di samping talud tersebut.
” Usulan tersebut telah disampaikan dan disetujui oleh warga dalam Musyawarah Desa (Musdes), selain menggunakan DD, warga sekitar melakukan swadaya juga menyumbangkan konsumsi untuk para pekerja,” imbuhnya Nazar.

Baca Juga :  Peringati Hari Pahlawan Tahun 2023, Bupati Pemalang Ajak Generasi Muda Kelola Kekayaan Indonesia

Hal senada disampaikan juga oleh Kepala Desa Petanjungan Abdul Rohman, “Pembangunan talud dan plat deker RT : 5 RW : 01 merupakan hasil usulan warga dalam Musdes kemudian dimasukan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPemdes) dan proyek tersebut disahkan dalam APBDesa dan dilaksanakan oleh TPK, terkait Rencana Anggaran Belanja ( RAB ) dibuat oleh pendamping desa di Kecamatan Petarukan ,” terang Kades Petanjungan.

Baca Juga :  Pasar Murah Tahap 3, Bupati Minta Fokus pada Masyarakat Kurang Mampu

Dalam kesempatan tersebut Kades Petanjungan juga mengatakan, seluruh pembangunan harus memenuhi petunjuk dan aturan yang telah ditetapkan.

Di tahap pertama dan kedua, warga Petanjungan telah memperoleh manfaat dari adanya pembangunan drainase, talud + platdecker, dan talud di dukuh Sikunang. Sedangkan untuk tahap ketiga, akan dilakukan pembangunan jembatan, drainase, dan rabat beton. Seluruh proyek tersebut didasarkan pada usulan warga melalui Musdes.
Meskipun Kepala Desa tidak terlibat langsung dalam pengerjaan, ia tetap memantau dan memastikan bahwa semua proyek dilakukan secara profesional. Ia juga menekankan agar TPK tidak mempermainkan mutu proyek dan anggaran DD, karena hal tersebut merupakan amanat dari rakyat. Diharapkan dengan adanya pembangunan tersebut, kualitas hidup warga Desa Petanjungan akan semakin meningkat.( Joko Longkeyang )