Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Bupati Pemalang Dorong Revolusi Hijau di Pemalang Dengan Bantuan Pompa Air

1200
×

Bupati Pemalang Dorong Revolusi Hijau di Pemalang Dengan Bantuan Pompa Air

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Dalam upaya menggenjot produktivitas pertanian di Kabupaten Pemalang, Bupati Mansur Hidayat secara resmi menyerahkan bantuan pompa air kepada 176 kelompok tani dan 42 Brigade Alsintan. Acara penyerahan ini berlangsung di Aula Kodim 0711/Pemalang pada Kamis, 16 Mei 2024, dan dihadiri oleh para petani serta perwakilan dari Kementerian Pertanian RI.

Bupati Mansur menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Kementerian Pertanian untuk meningkatkan luas areal tanam di Pemalang. “Pompanisasi diharapkan dapat memperbanyak siklus tanam, dari satu menjadi dua kali setahun, bahkan tiga kali bagi beberapa areal,” ujar Mansur.

Baca Juga :  Pemkab Pemalang Komitmen Prioritaskan Peningkatan Jalan

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Prayitno, menambahkan bahwa Pemalang yang berada di peringkat ketiga produksi gabah kering di Jawa Tengah, telah mendapat perhatian khusus dari Menteri Pertanian. Kunjungan Mentan ke Kecamatan Comal pada 23 April 2024 telah membuahkan hasil berupa bantuan pompa air ini, serta tambahan 100% pupuk subsidi.

Baca Juga :  Bakal Ramai Pemalang dengan Digelarnya Festival Ketupat 

Dengan bantuan ini, diharapkan sawah seluas 2045 hektar dapat terairi dengan baik, dan potensi hasil padi dapat mencapai 12.270 ton, sebuah angka yang menjanjikan untuk kemajuan pertanian di Pemalang.**( Joko Longkeyang )