Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

BLK Kabupaten Pemalang Luncurkan Pelatihan Kerja

1276
×

BLK Kabupaten Pemalang Luncurkan Pelatihan Kerja

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Sebanyak 144 orang telah memulai perjalanan mereka untuk menjadi tenaga kerja yang lebih kompeten melalui program pelatihan kerja berbasis kompetensi yang diadakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Pembukaan pelatihan ini diresmikan oleh Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T.,M.Ling pada hari Senin, 3 Juni 2024, di aula BLK.

Dalam sambutannya, Bupati Mansur menekankan pentingnya pelatihan ini dalam menjembatani kesenjangan keterampilan antara calon pekerja dan kebutuhan perusahaan lokal. “Perusahaan-perusahaan di Pemalang membutuhkan banyak tenaga kerja, tetapi sering kali terhambat oleh kurangnya kompetensi yang sesuai,” kata Mansur. “Melalui pelatihan ini, kami berharap para peserta dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan sehingga mereka dapat diterima oleh perusahaan-perusahaan tersebut.”

Baca Juga :  Di Hadapan Siswa SMA N 2 Pemalang, Bupati Ajak Generasi Muda Jauhi Narkoba

Mansur Hidayat juga mengingatkan para peserta bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan yang berharga dan mungkin tidak akan datang untuk kedua kalinya. Oleh karena itu, ia mengajak mereka untuk mengikuti setiap sesi dengan serius dan memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

Kepala Disnaker, Umroni, menyampaikan bahwa peserta pelatihan terdiri dari berbagai bidang kejuruan, termasuk 32 orang dari Desa Widodaren dalam keterampilan kejuruan, 48 orang dari Desa Bantarbolang dan Peguyangan dalam keterampilan menjahit, 32 orang dari Desa Kaliprau dalam otomotif, dan 32 orang dari Desa Temuireng dalam tata boga. Materi pelatihan yang diberikan terdiri dari 70% praktik langsung dan 30% teori, memastikan bahwa peserta mendapatkan pengalaman yang relevan dan aplikatif.

Baca Juga :  Tarhim di Desa Sidorejo, Bupati Pemalang Berbagi Kebahagiaan Ramadhan

Program ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan prospek kerja para peserta tetapi juga akan membantu perusahaan lokal dalam mendapatkan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pemalang.**( Joko Longkeyang )