Scroll ke Atas
Berita Utama

Memasuki Jenjang Perkawinan 15 Pasang Catin Dibekali dan Pembimbingan Pranikah Oleh KUA Bantarkawung

204
×

Memasuki Jenjang Perkawinan 15 Pasang Catin Dibekali dan Pembimbingan Pranikah Oleh KUA Bantarkawung

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -Kantor Kementrian Agama kabupaten Brebes melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bantarkawung krmbali melaksanakan giat pembekalan dan bimbingan bagi calon pemgantin/pra Nikah selama dua hari 28- 29 Maret 2022di Aula kantor KUA setempat.
Kepala KUA kecamatan Bantarkawung H.M. Lutfi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang digelar tiap tahun sesuai DiPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes No 025.03.41726/2022  tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah bagi calon pengantin, yang menyebutkan bahwa pada saat mendaftar nikah di KUA untuk memenuhi regulasi, calon pengantin (Catin) yang telah mendaftarkan untuk menikah resmi setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan tidak ada halangan, maka calon pengantin itu harus memperoleh Bimbingan Perkawinan pra  nikah, kata Lutfi di ruang kerjanya, Rabu (30/3/2022) pagi

Dikatakan Lutfi  dalam kegiatan rutinan yang digelar ditahun 2022 ini di KUA Kecamatan Bantarkawung ada 15 pasang calon penganten mengikuti pembekalan dan pembinaan dengan harapan mereka dengan bekal dan pembinaan ini bisa menjalankan kerukunan rumah tangganya/ perkawinannya agar selalu rukun sebagai suami istri yang sehidup semati.

Lanjut Lutfi maksud dan tujuan kegiatan ini guna menitik beratkan pada kesiapan mental bagi calon pengantin, mulai bagaimana dia menata dirinya, kemudian nanti siap memasuki jenjang perkawinan, mengelola keluarga dan menyiapkan generasi masa depan yang berakhlak mulia.
“Maka calon pasangan penganten perlu dibekali kesiapan secara mental untuk memasuki jenjang perkawinan,” tuturnya.
Lanjut Lutfi  pihaknya menyampaikan terimakasihnya kepada pembawa materi bimbingan perkawinan pranikah bagi 15 pasang catin secara gamblang. 
Tampak kegiatan yang diawali pembukaan yang  langsung dibuka oleh Kepala KUA Bantarkawung HM Lutfi SAg dengan menghadirkan  narasumber diantaranya dari Puskesmas Bantarkawung Hj. Purkoni, S.ST, BKKBN M Amrulloh, ST, MAP dan Fasilitator Bintek Kemenag Brebes  HM FauziSAg dan H Misbachudin SAg
Sementara  Hj. Purkoni selaku salah satu pembawa materi terkait kesehatan calon penganten  dengan memaparkan pentingnya dalam pencegahan stunting.
Menurut Purkoni materi ini sangat penting dalam membantu program pemerintah mengingat dikabupaten Brebes masih tingginya angka stunting,  maupun AKI, AKB (Angka Kematian Ibu dan Bayi) dengan harapan calon penganten bisa memahami dengan baik materi yang diterimanya dan selalu memperhatikan dengan menjaga kesehatan dari awal reproduksi, kehamilan sampai proses melahirkan bayi  agar selamat dan sehat harapnya – (imam)

Baca Juga :  Jelang Ramdhan dan Idul Fitri PU UPT Bantarkawung Perbaiki Ruas Jalan yang Rusak