Scroll ke Atas
Pendidikan

Pelajar SDN Cibentang 01 Bantarlawung Belajar Budidaya Tanaman Cangkok

65
×

Pelajar SDN Cibentang 01 Bantarlawung Belajar Budidaya Tanaman Cangkok

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Memasuki tahapan ujian praktik bagi Sekolah Dasar (SD), siswa-siswi kelas 6 SDN Cibentang 01, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, yang didampingi guru kelasnya melaksanakan kegiatan ujian praktik budi daya tanaman cangkok. Kegiatan itu bertempat di halaman sekolah setempat, Rabu (30/3/ 2021).

Tampak siswa-siswi dengan serius mempraktikan cara pencangkokan dengan media perlengkapan yang sudah mereka bawa dari rumah masing – masing.

Materi praktikum yang mereka terima dari guru kelasnya diantaranya tentang pelajaran IPA terkait tumbuhan dan cara mencangkok tanaman dengan baik, sehingga menghasilkan tanaman yang tumbuh sesuai harapan.

Handoyo, S.Pd selaku guru kelas menjelaskan ada tujuh cara mencangkok tanaman yang baik dan benar serta harus betul-betul diperhatikan saat tahapan prosesnya,  langkah  yang pertama pilih cabang atau batang yang tepat, kemudian kuliti batang tanaman sebelum dicangkok, kemudian siapkan campuran air dan tanah yang dipakai untuk cangkokan, tempelkan tanah pada cangkokan lalu sirami cangkokan dengan rutin, setelah terlihat tumbuh akar pindahkan tanaman hasil cangkokan dan terakhir  yang paling penting rawatlah tanaman cangkok dengan baik.

Baca Juga :  MTs Darul Ulum Gandeng Puskesmas Tonjong Berikan Penyuluhan HIV AIDS Kepada Puluhan Siswanya

“Bila proses pencangkokan dilakukan dengan baik diyakini nantinya menghasilkan bibit tanaman cangkok sesuai dengan yang diharapkan,” jelas Handoyo.

Lebih lanjut Handoyo memaparkan, kegiatan mencangkok tanaman  sangat mudah bila mau belajar dengan serius, dengan harapan mereka  bisa dan  mau mempraktikan sendiri di rumah sehingga memberikan  pengalaman baru, sekaligus menambah kreatifitas yang positif di tengah maraknya gudget di Era Digital sekarang ini.

Baca Juga :  UMS Tambah Guru Besar ke-42, Bidang Hukum

“Arus digitalisasi sekarang sangat berpengaruh luar biasa bagi pelajar, namun yang terpenting tetap dalam koridor yang positif, dengan kegiatan praktikum pencakokan mudah – mudahan bisa sebagai penyeimbang dan menambah kecintaan mereka terhadap tanaman, sekaligus  menjaga kelestarian lingkungan. ” Dengan memahami jenis tumbuh-tumbuhan yang ada di alam serta jenis tumbuhan yang bisa di budi daya cangkok dan tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi salah satunya di bidang pertanian,” pungkasnya. (yayan).

Editor :imam