Scroll ke Atas
Berita Utama

Babinsa Koramil 02 Nguter Dim 0726/Sukoharjo Dampingi Bidan Desa dan Kader Kesehatan Desa Laksanakan Grebeg Jentik

68
×

Babinsa Koramil 02 Nguter Dim 0726/Sukoharjo Dampingi Bidan Desa dan Kader Kesehatan Desa Laksanakan Grebeg Jentik

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, SUKOHARJO – Sertu Fredy Joko Sudibyo Babinsa Nguter menghadiri undangan Ketua Pokja Desa Siaga, bertempat di rumah Suyatman (Ketua RW) Dukuh Gatak Nejo 02/10 Drsa Nguter, Kec. Nguter dalam rangka pertemuan rutin Tim Jumantik desa tersebut, dilanjutkan kegiatan Grebeg Jentik di Dukuh Gatak Rejo RW 01 Desa Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (5/2/2023).
Sebelum kegiatan dilaksanakan pertemuan rutin & arisan TIM Jumantik Desa Nguter, dilanjutkan grebek jentik ke rumah rumah warga di Dukuh Gatak Rejo RT 1 dan 2 Desa Nguter Kec. Nguter. Dalam Kegiatan grebek jentik tersebut, Babinsa Nguter ikut serta memantau dan mengecek langsung di lapangan tempat berkembangnya nyamuk Aedes aegypti. 
Dalam kegiatan grebek jentik tersebut ditemukan ada beberapa tampungan air dan bak mandi terdapat Jentik nyamuk dan langsung di berikan/di taburkan benih Pembasmi Jentik Nyamuk (PSN). 
Seusai pelaksanaan grebek jentik di laksanakan evaluasi dan pelaporan hasil grebek jentik, dalam evaluasi di sampaikan oleh bidan desa, bahwa masih ada rumah yang masih terdapat Jentik nyamuk. 
“90,8% sudah dinyatakan bersih dan aman dari jentik nyamuk, kedepan mari kita sama sama & jangan bosan memberikan edukasi, himbauan dan ajakan untuk pola hidup bersih,” ujarnya.
Topik pembahasan lain mengenai virus/penyakit yang saat ini lagi berkembang yaitu virus yang di sebabkan oleh hewan tikus (Leptospirosis). BIdan desa berpesan agar sebagai kader kesehatan di desa bersama-sama mengajak para kader agar rajin mengedukasi kepada warga, tetangga, saling mengingatkan untuk waspada dan selalu hidup bersih guna menghindari hal hal buruk yang akan menimpa kita terutama hal kesehatan kita. 
Adapun metode/cara dalam mengatasi virus tikus banyak antara lain selalu melaksanakan pola hidup bersih seperti membersihkan setiap akses yang berpotensi sebagai tempat lewat /berkembang biaknya hewan tikus. 
“Pada intinya virus/kuman yang di sebabkan dari tikus akan mati bilamana dalam posisi panas, jadi bisa kita memakai diterjen atau yang lainya dalam membersihkan bekas kencing tikus dan sebagainya,” ungkap Bidan.
Adapun pemeriksaan/grebek jentik kali ini di laksanakan di 174 rumah/KK di dk Gatakrejo RW 1 Desa Nguter, Kec. Nguter Kab. Sukoharjo.**

Baca Juga :  Guna Tingkatkan Kemampuan Tekhni Prajurit TNI Kodim 0713 Brebes Ikuti Latihan Latnister