Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Bupati Pemalang Dukung Pencegahan Pernikahan Dini

1230
×

Bupati Pemalang Dukung Pencegahan Pernikahan Dini

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, S.T.,M.Ling. turun tangan untuk memberikan dukungan serta pendampingan kepada sepasang remaja yang baru saja menikah di usia yang masih sangat muda. Bupati memerintahkan dinas terkait untuk segera melakukan pendampingan kepada pengantin dini tersebut.Jumat (14/6/2024).

Kepala Dinsos KBPP Pemalang Mu’minun menjelaskan langkah-langkah yang sudah dilaksanakan untuk memastikan bahwa pengantin perempuan mendapat pemeliharaan gizi yang dibutuhkan. Selain memberikan bantuan sembako, Dinsos KB PP juga melakukan pendampingan melalui TPK (Tim Pendamping Keluarga) yang terdiri dari bidan, kader TP PKK, dan kader KB.

Baca Juga :  Rutan Pemalang ikuti Rakernis Pemasyarakatan Tahun 2024

Dalam pendampingan ini, TPK memberikan penyuluhan tentang kesehatan ibu hamil dan pemberian makanan tambahan untuk mencegah stunting. Mereka juga mendorong ibu hamil untuk datang di kelas Bumil di Kelurahan Pelutan, melakukan ANC 6x dan USG 2x selama kehamilan. Selain itu, TPK juga memberikan tablet penambah darah dan kalsium.

Sedangkan Dindikbud Kabupaten Pemalang turut serta dalam pendampingan pasangan perkawinan anak dengan melanjutkan pendidikan mereka ke PKBM Paket B dan memberikan ketrampilan bengkel motor untuk anak laki-laki.

Baca Juga :  Muhammadiyah Cabang Bumiayu Gelar Musyran Pergantian Pemimpin Sekaligus Peringati Hari Santri

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pemalang Mansur Hidayat memberikan dukungannya dalam upaya pencegahan pernikahan dini, terutama dalam hal pendampingan dan pemenuhan gizi ibu hamil. Pendampingan yang dilakukan oleh Dinas terkait terbukti dapat membantu pasangan muda untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Semoga, pernikahan dini dapat dicegah dan pendampingan untuk pasangan muda terus dilaksanakan agar masyarakat Pemalang semakin sejahtera.**( Joko Longkeyang )