Scroll ke Atas
Berita UtamaMegapolitan

Desainer Furniture Indonesia Unjuk Gigi di IFFINA 2023

99
×

Desainer Furniture Indonesia Unjuk Gigi di IFFINA 2023

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, JAKARTA – Persaingan industri kreatif di dunia semakin ketat sehingga produk furniture Indonesia tidak mungkin lagi hanya mengandalkan pada ketersediaan bahan baku alam dan tenaga perajin yang terampil. Demikian disampaikan Ira Samri, Ketua Pusat Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) pada perhelatan Indonesian Furniture Industry and Handicraft Association (IFFINA) 2023 bertempat di ICE BSD City, Tangerang (17/9).

Ira menuturkan bahwa Industri kreatif adalah industri yang bertumpu pada pemikiran kreatif dan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Desainer furniture Indonesia merupakan kunci penting dalam upaya untuk memenangkan  persaingan di pasar internasional. Sangat disayangkan saat ini sebagian pengusaha furniture masih enggan menggunakan jasa desainer lokal Indonesia, dan lebih memilih memproduksi karya desainer luar yang diajukan oleh buyers,” katanya.

Baca Juga :  Pangdam I/BB: Saya Ingin Kalian Semua Berangkat Bareng Dan Pulang Bareng

Ira menambahkan bahwa hal itu mungkin terjadi karena para pengusaha furniture dan buyers belum terlalu mengenal kualitas dari karya-karya kreatif desainer furniture Indonesia.

“Atas dasar itulah HDMI berkolaborasi dengan IFFINA 2023 menghadirkan Design Boulevard, University Design District, dan HDMI Chapters booth. University Design District menampilkan karya-karya mahasiswa dan dosen dari Universitas Paramadina, UPH, Pradita, Binus Malang, Binus Jakarta, Binus Bandung, Maranatha, ISI Yogya, ISI Solo, Podomoro, dan Universitas Ciputra,” jelasnya,

Baca Juga :  Prof. Didik J Rachbini: Prabowo Akan Lebih Nasionalis Baik Dalam Ekonomi Maupun Politik

Ia juga menjelaskan bahwa karya-karya yang ditampilkan sangat beragam dan menampilkan ide-ide baru yang unik. Hal ini menunjukan potensi kampus-kampus desain untuk berperan meningkatkan kualitas kreatif produk Indonesia. Karya HDMI Chapters: Jakarta, Solo, Jogja, Jepara, dan Surabaya membawakan tema Sustainability dengan dominasi penggunaan material alam dan daur ulang plastik.