Scroll ke Atas
Berita UtamaInternasionalPemalang

Rektor ITB ADIAS Kunjungi University Malaya untuk Membahas Kerjasama Pendidikan

707
×

Rektor ITB ADIAS Kunjungi University Malaya untuk Membahas Kerjasama Pendidikan

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id Pemalang – H. Noor Rosyadi, Rektor ITB ADIAS, beserta rombongan dari APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia) di Jawa Tengah, mengunjungi University Malaya (UM) Malaysia pada Selasa, 14 November 2023. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka membahas kerjasama pendidikan, pertukaran mahasiswa, dan penerbitan jurnal bersama.

Dalam kunjungan tersebut, H. Noor Rosyadi diterima di ruang Rektorat UM Malaysia oleh Prof Dr Yatimah Alias, Prof Dr Andi Andriyana, Dr Putri Shafinaz Akmar, Sarah Sakeenah Azhari, dan beberapa perwakilan lain dari Universitas Malaya. Sebelum pertemuan dengan University Malayu, H. Noor Rosyadi juga mengadakan pertemuan dengan University Malaysia (UNIMY) serta Prof Dr Muhammad Firdaus dari KBRI di Malaysia yang membidangi Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam sehari, H. Noor Rosyadi telah melakukan 3 kegiatan terkait kerjasama ini.

Baca Juga :  ” Festival Musik Kontemporer, Promosikan Wisata Widuri,” Bupati Pemalang 

Pada pertemuan dengan Universitas Malaya, pihak-pihak yang terlibat membahas isu-isu terkait penelitian dan penerbitan jurnal bersama, serta pertukaran mahasiswa dari berbagai bidang program studi. Dalam pertemuan ini, disepakati untuk mengadakan pertemuan lanjutan baik secara offline maupun online guna mendiskusikan lebih lanjut mengenai program-program kerjasama yang hendak dilaksanakan, termasuk teknik dan biaya yang terkait.

Terkait dengan pertukaran mahasiswa, hampir disepakati bahwa biaya akan ditanggung oleh lembaga perguruan tinggi yang menerima mahasiswa, kecuali biaya transportasi dari negara asal mahasiswa tersebut. ITB ADIAS Pemalang, sebagai salah satu anggota APTISI, siap untuk mengirimkan mahasiswa untuk bertukar kuliah di Universitas Malaya Malaysia, serta menyambut mahasiswa dari Universitas Malaya yang akan ditugaskan di ITB ADIAS.

Baca Juga :  AKBP Guntur Pimpin Apel Perdana di Polres Brebes, Minta Anggota Agar Tingkatkan Kedisiplin

Selanjutnya, kriteria dan syarat bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti program pertukaran kuliah dan pengabdian kepada masyarakat akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan mendatang. H. Noor Rosyadi juga menegaskan bahwa pertukaran mahasiswa dengan mahasiswa luar negeri memiliki peran penting dalam upaya meng-Globalkan ITB ADIAS di negara lain.

Selain itu, kehadiran mahasiswa dari luar negeri di ITB ADIAS Pemalang akan memberikan semangat baru bagi lembaga, mahasiswa, dan masyarakat. Selama di Pemalang, mahasiswa dari Universitas Malaya juga akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan berkesempatan untuk mengenal seni, budaya, dan adat istiadat masyarakat setempat.

Dengan kunjungan ini, diharapkan kerjasama antara ITB ADIAS dan University Malaya dapat terjalin dengan baik serta memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan pendidikan di kedua lembaga.** ( Joko Longkeyang )